Isolasi Mikroba

PRAKTIKUM V

 

Topik              :  Isolasi Mikroba.

Tujuan           : Untuk Mengisolasi Mikroba Berdasarkan Sumbernya Serta   Membuat  Biakan Murni Mikroba.

Hari/ Tanggal  :   Minggu, 27 Mei 2012

Tempat            :   Laboratorium Biologi FKIP UNLAM Banjarmasin

 

 

I. ALAT DAN BAHAN

Alat              :

  1. Jarum ose
  2. Pembakar  spritus
  3. Cawan petri
  4. Tabung reaksi
  5. Lemari es
  6. Baki

 

Bahan           :

  1. Biakan mikroba dari metode gores
  2. Medium yang masih steril (belum dibiakkan)
  3. Kertas pembungkus.

 

II.  CARA KERJA

  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Sediakan medium padat yang berisi biakan
  3. Sediakan medium yang belum dibiakkan.
  4. Tentukan salah satu mikroba yang akan dijadikan sampel.
  5. Ambil kawat jarum ose di atas nyala lampu spritus dan bagian tangkainya dilewatkan beberapakali di atas nyala api, kemudian mendinginkan.
  6. Goreskan jarum ose yang telah mengandung mikroba pada medium agar dicawan petri dengan cara zig-zag.

 

  1. Masukkan medium yang telah diberi biakan tadi untuk diisolasi kedalam inkubator selama 24jam pada suhu 370C dengan posisi terbalik pada cawan petri. Setelah diinkubasi, cawan petri dibungkus dengan kertas, sebelumnya didekatkan dengan lampu spritus agar tidak terkontaminasi, setelah dibungkus dengan kertas, cawan petri dimasukkan dalam kulkas.
  2. Perlakuan juga sama dengan tabung reaksi yang sudah berisi inokulasi mikroba, dibungkus dengan kertas lalu dimasukkan dalam kulkas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

III.   TEORI DASAR

Untuk menanam suatu mikroba perlu diperhatikan factor nutrisi serta kebutuhan akan oksigen. Cara menumbuhkan mikroba anaerob sangat berbeda dengan yang aerob, untuk semuanya itu ada cara-cara tertentu yang harus diperhatikan. Menanam mikroba yang aerob relatif lebih mudah daripada yang anaerob.

Ada beberapa cara penanaman mikroba aerob, tergantung pada tujuan penanaman itu. Berdasarkan atas bentuk medium dan cara menanamnya dapat dibedakan :

  1. Biakan agar tegak (agar deep culture)
  2. Biakan agar miring (agar slant culture)
  3. Biakan cair (broth culture)

Mengisolasi suatu mikroba ialah memisahkan mikroba dari lingkungannya di alam dan menumbuhkannya sebagai biakan murni dalam medium buatan. Untuk isolasi harus diketahui cara-cara menanam dan menumbuhkan mikroba pada medium biakan serta syarat-syarat lain untuk pertumbuhannya.

Bakteri di alam jarang terdapat dalam biakan murni. Kebanyakan merupakan campuran bermacam-macam spesies bakteri. Ada dua cara yang umum digunakan untuk mengisolasi bakteri, yaitu :

  1. Cara goresan (streak plate method)
  2. Cara taburan (pour plate methode)

 

 

 

 

 

 

 

  1. IV.    HASIL PENGAMATAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

  1. Lampu spritus
  2. Kawat inokulasi
  3. Kawat inokulasi dipijarkan di atas lampu spritus
  4. Cawan petri berisi biakan bakteri
  5. Tabung reaksi berisi Na agar murni
  6. Cawan petri berisi Na agar murni
  7. Menginokulasi biakan bakteri dari cawan petri yang menggunakan metode tuang kemudian menggoreskannya pada cawan Petri dan tabung reaksi
  8. Menginkubasi dalam oven dengan suhu 370C.
  9. Cawan petri dan tabung reaksi yang sudah diinkubasi dalam oven dikeluarkan kemudian dibungkus dengan menggunakan kertas dan meletakkannya didekat lampu spritus agar tidak terkontaminasi.
  10. Memasukkannya dalam kulkas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

V. ANALISA DATA

Mengisolasi suatu mikroba adalah memisahkan mikroba dari lingkungannya di alam dan menumbuhkannya sebagai biakan murni dalam medium buatan. Untuk isolasi harus diketahui cara-cara menanam dan menumbuhkan mikroba pada medium biakan serta syarat-syarat lain pertumbuhannya.

Bakteri di alam jarang terdapat dalam biakan murni. Kebanyakan merupakan campuran bermacam-macam spesies bakteri. Ada dua cara yang umum digunakan untuk mengisolasi bakteri, yaitu:

  1. Cara goresan (streak plate method)
  2. Cara taburan (pour plate method)

Pada praktikum kali ini, metode yang digunakan adalah metode goresan (streak plate method). Cara kerja mengisolasi bakteri dengan cara goresan adalah: yang pertama menyiapkan alat dan bahan, kemudian mengambil cawan petri berisi medium agar yang menggunakan metode tuang. Setelah itu menyiadakan medium yang belum dibiakkan. Langkah selanjutnya adalah memijarkan kawat jarum ose di atas nyala lampu spritus sampai memijar dan bagian tangkainya dilewatkan beberapakali di atas nyala api, kemudian mendinginkan. Dengan menggunakan jarum ose tersebut menginokulasi koloni mikroba dari cawan Petri yang dipenuhi koloni mikroba ke cawan yang berisi medium agar murni dengan menggunakan metode zig zag. Mengulangi perlakuan tadi pada tabung reaksi yang berisi biakan agar murni. Kemudian Menginkubasi selama 1-3 hari di dalam oven pada suhu 370 C dengan posisi terbalik pada cawan petri. Setelah diinkubasi, cawan petri dibungkus dengan kertas, sebelumnya didekatkan dengan lampu spritus agar tidak terkontaminasi, setelah dibungkus dengan kertas, cawan petri dimasukkan dalam kulkas. Perlakuan juga sama dengan tabung reaksi yang sudah berisi inokulasi mikroba, dibungkus dengan kertas lalu dimasukkan dalam kulkas.

 

VI. KESIMPULAN

  1. Mengisolasi suatu mikroba adalah memisahkan mikroba dari lingkungannya di alam dan menumbuhkannya sebagai biakan murni dalam medium buatan.
  2. Dalam mengisolasi harus mengetui cara-cara menanam dan menumbuhkan mikroba pada medium biakan serta syarat-syarat lain untuk pertumbuhannya.
  3. Ada dua cara yang umum digunakan untuk mengisolasi bakteri, yaitu:
  1. Cara goresan (streak plate method)
  2. Cara taburan (pour plate method)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VII. DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Muhammad .2012.Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Farmasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s